Rabu, 10 Juni 2015

Khaisat Buah Timun 
Untuk anda yang belum tau apa saja khasiat timun mari kita bahas informasinya di sini, simak baik baik :
Buah Timun
Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Beberapa manfaat kesehatan timun antara lain:
  • Menghidrasi Tubuh
Timun mengandung 96% air yang lebih bergizi dari air putih biasa, yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan mengatur suhu tubuh.
  • Membantu Pencernaan
Gangguan pencernaan seperti asiditas, mulas, radang lambung (gastritis), dan bahkan maag dapat diobati dengan mengkonsumsi timun segar setiap hari. Makan timun juga dapat membantu pengobatan konstipasi (sembelit) kronis. Kadar air yang tinggi dan serat dalam timun sangat efektif menghilangkan toksin (racun) dari sistem pencernaan sehingga membantu pencernaan.
  • Berperan sebagai Diuretik
Kandungan air dalam timun bertindak sebagai diuretik yang membantu pembuangan toksin (racun) dan limbah metabolisme dari tubuh melalui urin. Mengkonsumsi timun secara teratur membantu melarutkan batu empedu atau batu ginjal.
  • Merawat Kulit
Timun mengandung, air, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium dan silika menjadikan timun sebagai bahan yang baik untuk perawatan kulit. Masker wajah mengandung jus timun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam kafeik yang terdapat dalam timun dapat menurunkan tingkat retensi air sehingga mengurangi bengkak di bawah mata. Kulit timun juga dapat membantu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.
  • Melawan Kanker
Timun diketahui engandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol tiga lignan yang telah banyak diteliti berkaitan dengan berkurangnya resiko kanker antara lain kanker payudara, kanker prostat, kanker uterin (kanker endometrium) dan kanker ovarium.
  • Mengontrol Tekanan Darah
Timun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja efektif mengatur tekanan darah. Timun baik untuk merawat/mengobati tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi.
  • Menyehatkan Jantung
Timun adalah bahan makanan ramah terhadap Jantung. Timun kaya akan kalsium suatu elektrolit intra seluler yang penting. Kalsium adalah elektrolit yang ramah terhadap jantung, membantu mengurangi tekanan darah dan laju detak jantung dengan cara melawan efek natrium (sodium).
  • Memperkuat Persendian
Timun merupakan sumber asupan silika yang baik terutama pada bagian kulitnya, yang diketahui membantu meningkatkan kesehatan persendian dengan cara memperkuat jaringan-jaringan ligamen yang merupakan penghubung persendian.
  • Meringankan Nyeri Asam Urat
Timun mengandung vitamin A, B1, B6, C, dan D, folat, kalsium, magnesium dan kalium yang bisa meredakan nyeri asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah.
  • Membantu Perawatan Diabetes
Timun diketahui bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengandung hormon yang diperlukan oleh sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam timun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Karena rendah kalori dan mengadung banyak air, timun merupakan menu ideal bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Kulit timun yang keras mengadung banyak serat.
Posted By. Klinik Herbal
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar